Home » , , » BELAJAR PEMOGRAMAN C++ MENGGUNAKAN CODE BLOCK

BELAJAR PEMOGRAMAN C++ MENGGUNAKAN CODE BLOCK

Hei apkabar  semua ?
Pada postingan kali ini saya akan  membahas tentang pemograman bahasa C++ dengan menggunakan codeblock sebagai media cipilernya. Dalam mempelajari bahasa pemograman kita harus terlebih dahulu mengenal apa itu ide dan compiler? sebenarnya tidak hanya itu, tapi masih ada banyak hal embel-embel lainnya yang menjadi hal mendasar lainnya yang sebenarnya perlu kita ketahui untuk bisa menguasai pemograman C++. Tapi disini saya anggap kita semua sudah cukup mengetahuinya apalagi  anda sudah membaca artikel ini setelah melakukan sercing diberbagai blog yang berjuta- juta banyaknya. Biklah kita lansung mulai saja .

IDE (integrated Development Environment) 
IDE merupakan sofware yang menjadi sarana bagi progremer untuk membuat atau mengembangkan sebuah program. Beberapa jenis IDE sudah terisi compiler didalamnya. Disini sebagaicontohnya codeblock software yang merupakan software opensource (gratisan) dengan kata lain bisa digunakan tanpa harus membeli, didalam codeblok telah diisi dengan compiler gcc didalamnya.

COMPILER 
Compiler merupakan sebuah tool yang memungkinkan kita untuk melakukan kompilasi pada kode program yang telah kita buat atau kita ketikkan pad source code editor pada ide. kompilasi maksudnya menterjemahkan kode-kode tersebut kedalam bahasa mesin atau bahsa yang bisa demengerti oleh komputer.
nah, sebelum kita mulai mengetik-ngetik kode  awanya kita harus memiliki IDE yang didalamnya terdapat kompiler untuk bahasa C++ disini saya sedikit memberikan info mengenai IDE dan COMPILER gartis yang bisa kita dapatkan dengan cara didowload dari situs penyedianya. berikut beberapa IDe dan COMPILER gratis:
  1. Dev C++
  2. Codeblock
  3. Netbeans
  4. Visual C++ Express edition  
 Berikut cara untuk mendownload atau mendapatkan kode block:
  1. kunjugi situs www.codeblock.org atau ketikkan codeblock pada google search dan kemudian pilih codeblock seperti pada gambar.
  2. setelah itu pilih / dowload sperti gambar berikut:
  3. pada tahap ketiga ini pilihlah Download the binary release yang merupakan file exe dari codeblock.
  4. pada tahap ini kita akan dihadapkan pada pemilihan sistem operasi yang sesui dengan program.karena saya  menggunakan sistem os window maka saya memilih windows.
  5. setelah itu kita akan dihadapkan dengan tiga pilihan  seperti gambar dibawah.
  6. selanjutnya tunggu 5 detik/beberapa menit sesuai dengan kecepatan internet yang kita miliki untuk memulai mendownload.
  7. selanjutnya tinggal memulai download terbuka, pilih save.
  8. jika download sudah selesai tinggal dinstall doang.

1 komentar:

Translate

Popular Posts