Home » » STRUKTUR PROGRAM C++

STRUKTUR PROGRAM C++

Sebelum mulai melakukan pemograman C++ kita harus terlebih dahulu mengerti tentang struktur program C++, karena sebuah program komputer adalah urutan instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukan. berikut beberapa struktur dari program C++:



Pernyataan dan Ekspresi (Statements and expressions)
Pernyataa dan ekspresi merupakan jenis yang paling umum dari instruksi dalam sebuah program. Sebuah pernyataan dalam bahasa C++ merupakan unit independen terkecil. Dalam C++ kita menulis pernyataan yang bertujuan untuk menyampaikan kepada kompiler bahwa kita ingin melakukan sebuah pekerjaan.  Ada berbagai jenis pernyataan dalam bahasa C++, berikut ini beberapa jenis pernyataan yang paling umumm dan sederhana:

int A;
A=5 ;
cout<<A;

int A adalah pernyataan deklarasi, yang memberitahukan compiler bahwa A adalah variabel.

Compiler juga mampu menyelesaikan Ekspresi. Sebuah ekspresi adalah sebuah entitas matematika yang mengevaluasi nilai. Misalnya dalam matematika, ada ekpresi 2+3 mengevaluasi kenilai 5. sebagai contoh pernyataan dan ekspresi yaitu,  ada pernyataan A=2+3; dan pernyataan ini adalah penugasa yang valid. Ekspresi 2+3 mengevaluasi kenilai 5 kemudian ditugaskan untuk A.

Fungsi 

Dalam C++, laporan biasanya dikelompokkan kedalam satuan yang disebut funsi.  Fungsi adalah kumpulan - kumpulan pernyataan yang mengeksekusi secara berurutan. Setiap program C++ harus mengandung fungsi khusus yang disebut main(). ketika program C++ dijalankan, eksekusi dimulai dengan pernyataan pertama dalam main().

Librery

Librery adalah kolompok funsi yang telah dikemas untuk digunakan kembali dalam berbagai program yang berbeda. sebagai contoh librery iostream berisi fungsi yang melakukan input dan output.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Popular Posts